Dari Atlas Sampai Google Earth

Atlas, buku yang isinya cuma peta aja. Mulai dari peta propinsi, peta negara, sampai peta dunia. Waktu SD, atlas adalah hal sangat vital bagi gue. Dengan bantuan atlas, gue jadi bisa menyalurkan bakat menggambar gue. Kelas 3 SD (gue masih inget banget) pelajaran IPS selama 1 tahun pelajaran adalah menggambar peta.

Sebetulnya, bakat bisnis gue terlihat semenjak SD. Banyak temen gue yang ga bisa gambar. Mereka minta bantuan gue untuk ngerjain tugas gambar peta. Dan bodohnya, mereka mau membayar seribu rupiah per gambar. Bayangin aja, waktu itu harga Chitato (Kasta tertinggi dalam dunia per-snack-an) cuma lima ratus perak. Dan dalam sehari gue bisa dapetin 2 – 3 customer gambar peta. Buat mami, jangan heran waktu itu duit jajan gue cuma dua ribu, tapi di akhir bulan bisa nabung LIMA PULUH RIBU. Serasa jadi jutawan cilik.

Perkembangan teknologi semakin maju. Google Earth, atlas modern yang dimiliki sama Eyang Google. Waktu Google Earth diperkenalkan pertama kali, gue sangat terkagum – kagum. Gue serasa jadi mata – mata. Bisa ngeliat genteng kost temen – temen sekelas. Namun beberapa hari kemudian, gue sadar gue yang terakhir kali tahu tentang Google Earth di dunia ini.

Gue semakin terkagum – kagum lagi waktu kemarin baca di blog-nya Google. Sekarang, versi terbaru Google Earth, bisa membuat kita jalan – jalan di dunia secara virtual! Emang gue katrok, tapi gue excited.

Jadi, waktu kita jalan – jalan di Google Earth dan menemukan jalanan yang berwarna biru (kaya gambar di atas), kita bisa ‘mendarat’ dan jalan – jalan kaya main CS.

Mulut gue semakin terbuka lebar sampai kemasukan kecoa waktu ngeliat detail – detail pepohonan yang ada di Google Earth 6. (sekarang versi 6).

Konon, jenis pohon yang terdapat di Google Earth 6 ini mencapai 80.000.000 jenis! Dan jumlah ini terus bertambah.

Mungkin anak SD sekarang tidak perlu menggambar peta lagi. Tinggal bawa laptop, buka Google Earth, terus belajar sambil jalan – jalan deh. Nikmatnya teknologi. Jadi pengen makan.

Masih banyak lagi fitur – fitur Google Earth 6. Gue ga mungkin jelasin semuanya di sini. Soalnya Google harus bayar gue seribu perak dulu, baru gue jelasin.

Buat yang ingin download software atau lihat video fitur – fiturnya, langsung aja klik website resminya di earth.google.com.

Terima Kasih

Devara Priya

Di depan tulisan ‘For Evangeline, Ganbatte!’, 02 Desember 2010.

About Dave

Tukang Pijat Keyboard

Posted on December 1, 2010, in Articles. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

