Tips Babu Manten: Membagi Jam Datang Tamu Undangan

Pesta resepsi pernikahan adalah hari yang indah. Keindahan ini bertambah semakin sedap dipandang mata apabila para tamu undangan yang datang sesuai dengan harapan pengantin. Tidak terlalu banyak. Tidak terlalu sedikit. Pas.

Ada kalanya pengantin mengalami kesulitan sewaktu mereka mengundang terlalu banyak orang ke pesta pernikahan mereka. Semisal, gedung resepsi hanya mampu menampung 700 orang, padahal perkiraan tamu undangan yang datang 1.200 orang. Hal ini bisa membuat tempat terlalu penuh sesak bila semua tamu datang pada saat yang bersamaan.

Sebetulnya, ada solusi sederhana untuk mengatasi hal di atas. Hampir kebanyakan orang pun sudah tahu solusi tersebut. Tapi ada beberapa orang yang belum mengetahuinya. Gue tahu hal ini karena ada beberapa orang search “pembagian tamu undangan yang terlalu banyak” di blog gue.

Jadi begini cara sederhananya.

Anggaplah waktu resepsi dimulai pukul 18.00. Dimana jumlah orang yang diundang 1.200. Kapasitas gedung 700 orang. Tipe pesta prasmanan (sulit untuk membagi waktu pesta apabila tipe pesta round table).

Seluruh daftar tamu undangan dibagi menjadi 2 kategori. Kategori pertama: keluarga. Kategori kedua: teman – teman. Sedangkan untuk relasi (bisa rekan bisnis, teman orang tua, dll.) bisa dijumlah dan dibagi rata ke dalam dua kategori.

Kedua kategori tersebut dibagi jam kedatangan (biasanya tertulis di undangan) menjadi pukul 18.00 dan pukul 19.00. Kedua waktu tersebut lebih banyak dipakai orang karena masih termasuk waktu makan malam kebanyakan orang.

Melalui penjelasan di atas, dapat didapat contoh:

Kategori pertama: 200 orang keluarga dan 400 orang relasi.

Kategori kedua: 300 orang teman dan 300 orang relasi.

Kategori pertama datang pukul 18.00, sedangkan kategori kedua datang pukul 19.00.

Semoga cara di atas dapat mengurangi kepadatan orang pada waktu pesta resepsi berlangsung. Selama ini sih, gue juga menerapkan cara di atas untuk klien wedding organizer gue, dan sangat membantu. Happy wedding!

Terima Kasih

Devara Priya

Di depan tulisan ‘For Evangeline, Ganbatte!’, 16 Maret 2011.

About Dave

Tukang Pijat Keyboard

Posted on March 16, 2011, in Wedding Organizer and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: