Modem, CD, dan Gelas Kaleng

Berkunjung ke rumah mertua memang menjadi kegiatan wajib setelah gue dan Ria menikah hampir selama 2 tahun ini. Biasanya gue ke rumah mertua hari Minggu. Dan kemarin Minggu (22/5) gue ke rumah mertua tercinta.

Kunjungan ke mertua kemarin juga membawa misi khusus.

Kakak ipar gue, Arnold, sedang tugas di luar negeri. Di New Zealand tepatnya. Kalau Arnold lagi kangen, biasanya di telepon ke rumah orang tuanya.

Mungkin karena bosan mendengar suara saja, mereka ingin melihat wajah masing – masing lawan bicaranya. Dan berhubung gue punya laptop, maka keinginan mereka bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. They can use Skype.

Masalahnya, pulsa internet bulanan gue lagi abis. Dan sudah memasuki masa tenggang. Kalau gue isi, masa aktif yang gue dapet  cuma 17 hari. Sayang banget lah. Gue lagi kere pula.

Gue dan Ria pun mencari ide untuk mengakali kesulitan itu. Setelah melakukan riset dan beberapa percobaan, gue dan Ria menemukan satu solusi, yaitu: beli kartu perdana yang murah, lalu dipake buat modem. Biaya seharinya 5.000. Jauh lebih murah daripada gue harus merogoh kocek 200rb buat beli pulsa internet yang biasanya gue pake.

Setelah dicoba di rumah gue, kecepatan aksesnya sip banget. Buka page website yang biasanya berat, gak ada masalah. Maka, yakinlah kita untuk berangkat ke rumah mertua dengan kepala tegak.

Setelah sampe di rumah mertua, gue langsung menyiapkan tetek bengek buat mertua dan kakak ipar gue berkomunkasi lewat Skype. Pasang laptop, pasang charger, dan terkahir pasang modem.

Setelah semua siap, gue connect internetnya, dan SHIT! cuma dapet sinyal EDGE. Yang berarti kecepatannya mentok cuma 5 kb/s. Jauh lebih lambat daripada kecepatan 50kb/s yang kemarin gue coba di rumah. Ini berarti gak bisa konek ke Skype! (udah gue coba 5.834 kali waktu itu, dan tetep gak berhasil)

Gue dan istri bingung. Antara kehilangan muka karena beli internet murah tapi gak slamet, dan juga kasihan melihat kekecewaan kedua mertua gue.

Langkah darurat pun gue lakukan. Tanya sang profesor inisial G. Iye, profesor google.

Gue pun terdampar di salah satu blog (yang entar di akhir post ini gue cantumin alamatnya). Sang empunya blog itu punya tips buat memperkuat sinyal internet, dari yang cuma edge, bisa ke 3G (HSDPA).

Caranya begini:

– Taro CD/DVD di bawah modem. Dengan bagian yang mengkilap menghadap ke atas.

– Taro kaleng baygon (boleh kosong atau isi) di dekat modem. Gak harus menempel, deket aja cukup.

Terdengar tips yang gila. Di jaman modern pake satelit gini kok pake CD dan kaleng baygon??

Tapi karena desperate, gue pun mencoba cara itu.

CD udah ketemu. Lalu, kaleng baygon…gak ada.

Bingung lagi.

Tapi emang istri gue keren, IQ nya 8.000. Diapun mengambil gelas kaleng raksasa. Lalu ditaro di deket modem.

Gue tunggu beberapa saat…dan…BERHASIL!

Sinyal 3G dengan kekuatan 2 bar sinyal gue dapet.

Rokok di samping modem mungkin juga berpengaruh.

Alhasil, mertua gue pun bisa main Skype dengan putranya tercinta yang berada nun jauh di mato. Another silly success achieved.

Ini blog tips asli berasal: http://www.ficomaulana.com/tips-memperkuat-sinyal-internet-3g-hsdpa/

About Dave

Tukang Pijat Keyboard

Posted on May 23, 2011, in Articles, Cerita Devara and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. hoax….no pic before after speedtest bro….
    wkakkakaak….
    logika nya emang masuk om…kaleng emang bisa di buat sebagai penangkap sinyal…cuman fungsi CD/DVD nya apa???
    *100% thinking…..*

    • Gak sempet speedtest bro…soalnya emergency condition…hahaha…wah, gue gak tau fungsi CD dan DVD nya…mungkin buat jadi kaya parabola gitu kali ye…hahaha…yang penting waktu itu gue berhasil naikin sinyalnya…kalo ngomong logikanya, gue gak bisa jelasin…:p

Leave a Reply

